Eduardo Camavinga Makin Nyaman untuk Peran Bek Kiri

Eduardo Camavinga kini memberi opsi baru untuk Real Madrid di posisi bek kiri. Pemain 20 tahun terlihat makin nyaman untuk peran baru tersebut pada duel El Clasico lawan Barcelona, Kamis (6/4/2023) dini hari WIB.

Camavinga dibeli pada awal musim lalu, dari Rennes dengan harga 31 juta Euro. Camavinga disiapkan sebagai bagian dari regenerasi trio Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric.

Namun, Camavinga tak begitu saja masuk starting XI dan bermain reguler. Pada musim kedua, Camavinga masih dihadapkan pada persaingan yang ketat dengan Kroos dan Modric. Usia tak membuat performa mereka kendur.

Namun, laga El Clasico mungkin mengubah banyak hal bagi Real Madrid dan Camavinga. Investasi Madrid untuk seorang gelandang bisa berubah arah.

Camavinga, Bek Kiri, dan El Clasico

Pelatih Carlo Ancelotti hanya punya dua opsi untuk mengisi pos bek kiri duel di Camp Nou. Pertama, memainkan sang bek serba bisa Nacho. Kedua, memainkan Camavinga yang sejatinya gelandang. Ancelotti mengambil opsi kedua.

Camavinga bermain sangat baik. Pemain asal Prancis itu mampu mengurangi potensi bahaya yang dihadirkan Raphinha dari Barcelona.

Pada menit-menit awal, Camavinga membuat intersep yang sangat penting pada umpan Gavi. Jika tak dihalau Camavinga, mungkin Madrid akan kebobolan karena ada Raphinha yang sudah menunggu di depan gawang.

Camavinga juga terlibat pada gol keempat Madrid. Dia melepas umpan cepat kepada Vinicius. Dari situ serangan balik cepat Madrid dimulai dan gol tercipta atas nama Karim Benzema.

Camavinga Samakin Nyaman!

Bagi Camavinga, peran bek kiri bukan hal yang benar-benar baru. Sebelumnya, saat Madrid menang 6-0 lawan Real Valladolid, Camavinga juga dimainkan untuk peran bek kiri dan memainkannya dengan sangat apik.

Dikutip dari Whoscored, Camavinga tujuh kali dimainkan sebagai bek kiri oleh Don Carlo pada musim 2022/2023. Jadi, eks pemain Rennes itu sudah cukup fasih dan terlihat makin nyaman dengan peran barunya.

Camavinga juga sempat dijajal memainkan peran bek kiri oleh Didier Deschamps di Piala Dunia 2022 lalu.

Bakal Permanen Sebagai Bek Kiri?

Kemampuan Camavinga memainkan dua posisi dengan sama baiknya tentu menjadi nilai tambah. Ancelotti sendiri belum berpikir akan menjadikan Camavinga sebagai bek kiri secara permanen. Camavinga masih dihitung sebagai gelandang.

“Camavinga sangat muda dan dia dalam performa yang sangat mengesankan, baik dia bermain di lini tengah atau bek kiri. Saya masih berpikir dia adalah bek kiri dalam situasi darurat dan dia memberi kami opsi lain di sana,” ucap Don Carlo.

Updated: April 6, 2023 — 10:02 am