Rapor Pemain Arsenal Saat Dibekuk Brighton: Gak Buruk, tapi Juga Gak Maksimal!

Arsenal dibuat tidak berkutik oleh tim tamu Brighton dalam laga pekan ke-36 Premier League 2022-2023, Minggu (14/5/2023). Skuad Roberto De Zerbi membungkus tiga poin lewat kemenangan 3-0.

Bertandang ke Emirates Stadium, Brighton memang diprediksi bakal menyulitkan Arsenal yang sedang tertekan untuk terus meraih kemenangan. Laga pun diprediksi bakal sengit.

Arsenal dominan, tapi Brighton lebih efektif dalam menyerang. Kali ini tiga gol Brighton datang dari aksi Julio Enciso (51′), Deniz Undav (86′), dan Pervis Estupinan (90+6′).

Hasil ini tidak mengubah posisi Arsenal di peringkat dua klasemen Liga Inggris sementara. Bagi Brighton, kemenangan ini penting bagi misi mengejar spot Liga Europa.

Performa skuad Mikel Arteta di laga ini pun tidak begitu memuaskan. Para pemain sudah berusaha maksimal, tapi mereka kesulitan mengatasi permainan agresif Brighton.

Kiper dan belakang

Aaron Ramsdale | 6

Ramsdale tampil cukup baik di babak pertama dengan sejumlah penyelamatan untuk menjaga skor tetap 0-0. Di babak kedua, Ramsdale tidak berkutik menghadapi gol-gol Brighton.

Ben White | 5

White ditugaskan untuk mengatasi pergerakan Mitoma, tapi kali ini dia tampak kesulitan. Mitoma berulang kali berhasil melewati White dan membuka peluang untuk Brighton.

Jakub Kiwior | 5

Kiwior tidak beruntung karena bertanggung jawab terhadap kebobolan pertama Arsenal. Dia sebenarnya tampil cukup baik sepanjang laga selain kesalahan tersebut.

Gabriel | 5

Gabriel melakukan tugasnya dengan baik untuk memotong umpan-umpan terobosan Brighton. Dia jelas tampak frustrasi karena kebobolan tiga gol yang mengecewakan Arsenal.

Kieran Tierney | 5,5

Tierney tampil cukup solid dalam tugas bertahan. Dia tidak beruntung karena umpan silang Brighton membentur tubuhnya, lalu berujung pada gol tim tamu.

Tengah

Jorginho | 6

Di babak pertama, Jorginho bisa menguasai bola cukup baik saat Arsenal masih kesulitan. Dia pun tampak kesulitan di babak kedua, frustrasi karena tidak bisa menguasai lini tengah atas Brighton.

Granit Xhaka | 6

Performa Xhaka tidak begitu terlihat di laga ini. Dia menerapkan garis tekanan cukup baik untuk mengatasi pergerakan lawan, ada pula percobaan tembakan untuk menjebol gawang lawan.

Martin Odegaard | 6

Odegaard memulai laga dengan baik dan jadi salah satu pemain yang paling sering mengancam gawang Brighton. Di babak kedua, dia kesulitan karena Arsenal tidak bisa menguasai bola.

Depan

Bukayo Saka | 6

Winger Inggris ini membuat sejumlah percobaan tembakan di babak pertama. Sayangnya, di babak kedua Saka tidak banyak mendapatkan suplai bola dan kesulitan untuk menyerang.

Gabriel Martinelli | ?

Menit bermain terlalu sedikit, ditarik keluar di awal laga karena cedera.

Gabriel Jesus | 5

Jesus menekan lawan dengan baik dalam upaya merebut bola. Dia mendapatkan sejumlah peluang, tapi kali ini barisan bek Brighton berhasil membuatnya frustrasi dan kesulitan.

Pemain pengganti

Leandro Trossard | 6

Trossard cukup banyak mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Dia pemain terbaik Arsenal di babak kedua, sayangnya eksekusi peluangnya kurang maksimal.

Reiss Nelson | 7

Nelson masuk sebagai pengganti dan tampil cukup baik selama bermain di lapangan. Dia mendapatkan sejumlah peluang, tapi sayangnya pertahanan Brighton tampil solid.

Thomas Partey | 6

Partey masuk di pertengahan babak kedua. Sayangnya, kali ini dia tidak bisa memberikan performa terbaiknya untuk membantu tim.

Emile Smith Rowe | ?

Menit bermain terlalu sedikit, tidak bisa mendapatkan penilaian objektif.

Eddie Nketiah | ?

Menit bermain terlalu sedikit, tidak bisa mendapatkan penilaian objektif.

Susunan pemain

ARSENAL (4-3-3):¬†Aaron Ramsdale; Ben White, Jakub Kiwior, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Granit Xhaka (60′ Thomas Partey), Jorginho (60′ Reiss Nelson), Martin Odegaard (78′ Emile Smith-Rowe); Bukayo Saka, Gabriel Jesus (77′ Eddie Nketiah), Gabriel Martinelli (20′ Leandro Trossard).

Pelatih: Mikel Arteta.

BRIGHTON (4-2-3-1):¬†Jason Steele; Pascal Gross, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pervis Estupinan; Billy Gilmour (60′ Danny Welbeck), Moises Caicedo; Julio Enciso (82′ Deniz Undav), Alexis Mac Allister, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson (77′ Facundo Buonanotte).

Pelatih: Roberto De Zerbi.