Hasil Newcastle vs Manchester United: Skor 2-0

Newcastle meraih kemenangan penting pada pekan ke-29 Liga Inggris 2022/2023. Newcastle menundukkan Manchester United dengan skor 2-0 di St. James Park, Minggu (2/4/2023) WIB.

Newcastle unggul lebih dulu di menit ke-65 setelah Joe Willock secara tidak terkawal menyundul bola ke gawang kosong. Gol kedua Newcastle lahir di menit ke-88, lagi-lagi lewat sundulan yang kali ini dicetak oleh Callum Wilson.

Man United sama sekali tidak bisa memberikan ancaman. Mereka kalah dominan di segala aspek di pertandingan ini.

Akibat kekalahan ini, Man United kini tergusur ke peringkat ke-4 klasemen sementara dengan 50 poin. Newcastle merebut posisi tiga dengan poin yang sama, tetapi unggul selisih gol.

Babak Pertama

Dukungan para penonton membuat Newcastle nyaman mengendalikan permainan. Setidaknya dalam 15 menit pertama, tuan rumah jauh lebih berbahaya daripada Manchester United.

Kiper De Gea sampai harus melakukan double saves di menit ke-16. Sundulan jarak dekat Alexander Isak dimentahkan, kemudian bola muntah yang disambar Joe Willock juga ditahan dengan sangat baik.

Newcastle tidak hanya mengancam saat menyerang, tetapi juga kuat dalam bertahan. Nyaris tidak ada peluang emas yang bisa dicatatkan para pemain Man United.

Peluang terbaik Man United hanya muncul di menit ke-33. Dalam situasi transisi cepat dan pertahanan Newcastle disorganisasi, Bruno Fernandes mengirim umpan silang ke sisi terjauh yang disambut dengan tendangan first-time dari Diogo Dalot. Tendangannya lemah, sehingga mudah diantisipasi oleh kiper Pope.

Newcastle menyudahi babak pertama dengan 11 tembakan, tujuh di antaranya tercipta dari dalam kotak penalti, dan tiga tembakan tepat sasaran. Sedangkan Man United hanya mampu membuat dua tembakan yang semuanya tidak tepat sasaran.

Babak Kedua

Man United akhirnya mampu mencatatkan tembakan tepat sasaran pertama di menit ke-55. Namun, tendangan jarak jauh yang dilepaskan Antony masih terlalu lemah untuk diamankan kiper Pope.

Dominasi Newcastle akhirnya terbayarkan di menit ke-66. Berawal dari penetrasi Bruno Guimaraes lewat sayap kanan, ia lalu melepas umpan silang ke tiang jauh.

Allan Saint-Maximin yang menerimanya memilih menyundul bola ke tengah. Willock sudah menunggu sundulan tersebut dan menceploskan bola dengan mudah ke gawang kosong.

Di menit ke-76, Newcastle nyaris mencetak gol kedua lewat skema sepak pojok. Joelinton sukses menyundul bola dari arah yang sangat dekat, tetapi refleks De Gea mampu menghalaunya. Bola membentur mistar dan segera disapu bersih oleh para pemain Man United.

Newcastle akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-88. Dari skema sepak pojok, umpan dari Kieran Trippier sukses disundul oleh Callum Wilson. De Gea tak berkutik untuk merespons sundulan tersebut.

Susunan Pemain

Newcastle (4-3-3):┬áNick Pope; Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn; Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Joe Willock (Elliot Anderson 84′); Jacob Murphy (Anthony Gordon 68′), Alexander Isak (Callum Wilson 68′), Allan Saint-Maximin (Joelinton 68′).
Pelatih: Eddie Howe

Manchester United (4-2-3-1):┬áDavid De Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane (Victor Lindelof 83′), Lisandro Martinez (Facundo Pellistri 83′), Luke Shaw; Marcel Sabitzer, Scott McTominay (Fred 83′); Antony (Jadon Sancho 62′), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Wout Weghorst (Anthony Martial 62′).
Pelatih: Erik ten Hag