Hasil West Ham vs Chelsea: Skor 3-1

West Ham di luar dugaan berhasil mengamankan tiga poin pada pekan ke-2 Liga Inggris 2023/2024. West Ham berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 3-1 di London Stadium, Minggu (20/8/2023) WIB.

Nayef Aguerd membawa The Hammers unggul cepat di menit ke-7. Namun di menit ke-28, Chelsea menyamakan kedudukan berkat lesakan Carney Chukwuemeka. Babak pertama berakhir imbang.

Di babak kedua West Ham menambah dua gol lagi. Michail Antonio (53’) lebih dulu membobol gawang The Blues, lalu Lucas Paqueta (90+5’) menambah gol lewat titik putih.

Hasil ini membawa West Ham berada di peringkat ke-6 klasemen sementara dengan koleksi empat poin. Sedangkan Chelsea terdampar sementara di peringkat ke-15 dengan satu poin.

Babak Pertama

Tidak perlu waktu lama bagi West Ham membuka keunggulan. James Ward-Prowse, pemain baru yang dikenal punya kemampuan set-piece, mengirimkan umpan matang dari situasi sepak pojok.

Eksekusinya meluncur mulus mengarah langsung ke kepala Aguerd. Tanpa kawalan berarti, sang pemain membobol gawang Chelsea. 1-0 West Ham unggul di menit ke-7.

Chelsea perlahan bangkit. Serangan demi serangan dibangun demi bisa menyamakan kedudukan. Dan harapan itu muncul ketika Chukwuemeka melesakkan gol di menit ke-28.

Chukwuemeka melakukan aksi individu di sisi sebelah kiri. Berawal dari menipu satu pemain belakang West Ham, ia lalu melepas tendangan dari dalam kotak penalti dengan sangat keras.

Ada kesempatan bagi Chelsea di menit ke-43 untuk berbalik unggul. Sayangnya, penalti yang diberikan gagal dieksekusi Enzo Fernandez untuk jadi gol.

Babak Kedua

Serupa seperti babak pertama, West Ham hanya perlu sebentar untuk cetak gol. Di menit ke-53, Antonio berhasil mengoyak gawang Chelsea untuk kali kedua.

Sang penyerang yang mendapat umpan terobosan hanya perlu menunggu momen yang tepat untuk melepas tendangan terukur yang gagal diantisipasi kiper Robert Sanchez.

West Ham sempat terancam di menit ke-67 gara-gara kartu kuning kedua yang diterima Aguerd. Bermain dengan sepuluh pemain memaksa West Ham bermain lebih reaktif di sisa laga.

Menariknya, Chelsea gagal memanfaatkan momen tersebut. Sebaliknya, Chelsea malah kebobolan lagi lewat penalti. Penalti diberikan setelah debutan Moises Caicedo melanggar Emerson Palmieri di kotak terlarang.

Paqueta yang jadi algojo tampil sempurna. Dirinya mampu membuat Sanchez memungut bola dari dalam gawangnya tiga kali, kali ini di menit ke-90+5.

Susunan Pemain

WEST HAM (4-2-3-1): Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson; James Ward-Prowse, Tomas Soucek; Jarrod Bowen, Lucas Paqueta, Said Benrahma; Michail Antonio.
Pelatih: David Moyes

CHELSEA (3-4-3): Robert Sanchez; Axel Disasi, Thiago Silva, Levi Colwill; Malo Gusto, Enzo Fernandez, Conor Gallagher, Ben Chilwell; Raheem Sterling, Nicolas Jackson, Carney Chukwuemeka.
Pelatih: Mauricio Pochettino

Updated: August 20, 2023 — 6:16 pm