Gundogan Pergi, Penggantinya di Man City Adalah Phil Foden?

Pelatih Manchester City Josep Guardiola mengatakan Phil Foden bisa jadi pengganti ilkay Gundogan karena ia bisa bermain juga di lini tengah.

Gundogan merupakan pemain penting di skuad Man City. Ia adalah rekrutan pertama Guardiola di klub tersebut pada tahun 2016 silam.

Gundogan pun kerap menjadi starter di lini tengah City. Pemain asal Jerman itu tak cuma membantu mengontrol jalannya laga.

Ia juga menghadirkan ancaman dari lini kedua. Selama di City, Gundogan telah tampil sebanyak 304 kali dan menghasilkan 60 gol plus 40 assist.

Foden yang Serba Bisa

Phil Foden termasuk pemain andalan Josep Guardiola di Manchester City. Posisi aslinya di sektor winger kiri.

Namun ia kerap dimainkan di mana saja oleh Guardiola. Musim 2022/2023 lalu misalnya, ia tercatat bermain di tujuh posisi berbeda bersama City.

Menurut catatan Transfermarkt, ia bermain di sayap kiri 16 kali. Di pos gelandang serang enam kali dan sayap kanan lima kali.

Ia juga sempat dimainkan di pos gelandang tengah sebanyak dua kali. Hasilnya, Foden mencetak satu gol dan satu assist.

Foden juga bermain di pos penyerang tengah (1), gelandang kiri (7), dan gelandang kanan (4).

Kata Guardiola Soal Foden

Josep Guardiola pun mengakui bahwa Phil Foden sangat membantu Manchester City dengan kemampuannya beradaptasi di pos lain, termasuk di lini tengah. Namun Guardiola mengatakan jika ke depannya bermain di lini tersebut maka Foden harus berhati-hati.

“Phil bisa bermain di lima posisi – dari striker, sayap kiri, sayap kanan, gelandang serang – ia bisa bermain di mana saja,” kata Guardiola seperti dilansir Goal.

“Tepat di lini tengah, ia harus lebih berhati-hati dalam banyak, banyak aspek dan mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyadari apa yang harus ia lakukan terutama dalam bertahan, tapi tentu saja ia memiliki sesuatu yang istimewa di posisi itu, kualitas dalam satu- lawan-satu, tiba di kotak penalti, insting gol, jadi semuanya ada di sana,” pujinya.

Pengganti Gundogan

Josep Guardiola menambahkan, dengan kemampuannya sekarang, Phil Foden disebutnya berpeluang menggantikan Ilkay Gundogan. Namun ia masih tak berani menjamin Foden pasti akan mengisi pos tersebut.

Sebab seperti yang disebutkannya sebelumnya, Foden masih harus mengasah ketrampilannya bermain di area tersebut.

“Sangat penting untuk memiliki pemain seperti dia yang dapat Anda gunakan di lima posisi. Dengan kepergian Gundo, mungkin ia bisa lebih banyak bermain di posisi itu. Lihat saja,” terang Guardiola.

Updated: August 6, 2023 — 2:46 pm